Home » » 7 Kecerdasan Utama

7 Kecerdasan Utama

Written By PGRI CAB. SUKAPURA on Senin, 21 Maret 2011 | 00.00

 




Kecerdasan Spiritual
Membaca tulisan di jurnal Surabaya tentang bermacam-macam kecerdasan, yang ditulis oleh Ibu TH. Suryanti (Guru SMAN Negeri 21 Surabaya). Disana ditulis bahwa sang juara kelas ketika di sekolah belum menjamin dalam kehidupannya kelak. Mengapa? Banyak kemungkinan yang menjadi penyebab antara lain, di sekolah kurang mengembangkan berbagai jenis kecerdasan secara seimbang .
Bahkan disimpulkan saja ketika seorang siswa pandai pelajaran matematika, dianggapnya dia sebagai anak yang cerdas, walau dia tidak mempunyai kemampuaan berkomunikasi atau banyak penyebab lainnya. Sebenarnya sekolah dituntut untuk mengembangkan kecerdasan yang ada pada anak didik. Kecerdasan yang ada pada anak dan manusia pada umumnya ada bermacam-macam dan dapat dikelompokkan menjadi 7 macam kecerdasan :

1. Kecerdasan verbal – linguistik
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa, membaca dan menulis. Seorang dengan kecerdasan verbal yang tinggi, tidak hanya pandai berbahasa, tetapi pandai menceritakan kisah, berdebat, berdiskusi, dll.
2. Kecerdasan logical – matematik
adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan menangani perhitunngan, berfikir ilmiah, berhubungan dengan angka , serta menghubungkan dengan informasi yang terpisah.
3. Kecerdasan visual- spasial
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan seni visual seperti melukis, menggambar, memahat, selain itu juga kemampuan navigasi, peta, arsitek. Seorang dengan kemampuan ini memiliki kekuatan persepsi yang besar.
4. Kecerdasan ritme – musikal
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan tentang pola irama, nada dan peta dan bunyi-bunyian. Kekuatan musik, irama, suara dan getaran yang menggeser pikiran, memberi ilham pengabdian religius dan pengungkapan kasih sayang.
5.Kecerdasan kinestik tubuh
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan menggunakann tubuh untuk mengekspresikan perasaan atau disebut dengan bahasa tubuh (body language). Kecerdasan ini berhubungan dengan menari, olah raga serta ketrampilan mengendarai kendaraan.
6. Kecerdasan interpersonal
Adalah kecerdasan dengan ketrampilan untuk bekerjasama, untuk berkomunikasi dengan baik secara verbal maupun non verbal. Dengan kecerdasan ini, seseorang biasanya mampu membaca suasana hati, perangai dan tujuan yang ada pada orang lain. Orang ini biasanya mempunyai empati yang tinggi.
7. Kecerdasan intrapersonal
Adalah kecerdasan yang berhubungan dengan refleksi, kesadaran dan kontrol emosi dan kesadaran rohani. Dengan kecerdasan ini biasanya adalah para pemikir, psikiater, penasihat rohani.

Suatu keharusan setiap insan pendidik, untuk mengembangkan seluruh potensi kecerdasan yang ada pada peserta didik, sehingga kelak menjadi dirinya sendiri yang dapat bertaanggung jawab untuk mengembangkannya.

Sumber : sebagian besar dari tulisan TH. Suryanti, di Jurnal Surabaya tahun 2010 dan dari May Lwin dkk "Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan” penerbit PT Indeks, 2005.


Diteruskan oleh PGRI Jawa Timur









Share :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.